Berita

PIMPIN JALANNYA MUSRENBANG, BUPATI SAMPANG DORONG KONTRIBUSI SEKTOR UNGGULAN

Pemkab gelar Musrenbang RKPD Tahun 2020 di Pendopo Trunojoyo Kabupaten Sampang, Senin 25 Januari 2019. Hadir dalam pertemuan Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli, Asisten Setda, Para Kepala Perangkat Daerah Kab Sampang, Camat dan delegasi kecamatan se-Kab. Sampang, Ketua TP PKK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sampang, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ketua LSM dan Assosiasi Profesi. Acara tersebut juga dihadiri utusan dari Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Pamekasan, Pemprov Jatim dan Baperwil IV Pamekasan, BPWS, BBWS Sungai Brantas, BPJN Wilayah VIII Jawa Timur, instansi vertikal. Tidak ketinggalan, hadir juga akademisi dari Poltera, Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi, dalam arahannya menyampaikan tema pembangunan Kabupaten Sampang Tahun 2020. “Tema Pembangunan kita: Peningkatan konstribusi sektor unggulan yang didukung oleh ketersediaan infrastuktur ekonomi yang memadai menuju Sampang Hebat Bermartabat,” ujar beliau. Untuk mendukung sektor unggulan, beliau menyampaikan 6 (enam) kebijakan ekonomi daerah. Kebijakan tersebut yaitu: 1) Peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkualitas, 2) Peningkatan kualitas dan pemerataan infrastruktur, 3) Peningkatan pengelolaan sektor unggulan dan ekonomi kreatif, 4) Peningkatan kemandirian ekonomi desa, 5) Peningkatan kapasitas fiskal daerah, dan 6) Peningkatan kuantitas dan kualitas Koperasi dan UMKM.

Beliau juga menyampaikan bahwa, terdapat sekitar 130 program dan 501 kegiatan yang akan dirumuskan dalam RKPD Kabupaten Sampang. Total besaran usulan program/kegiatan tersebut sebanyak Rp859,9 milyar untuk didanai APBD Kabupaten Sampang, Rp516,4 milyar diusulkan untuk didanai APBD Provinsi Jawa Timur, dan RP1,8 triliun untuk didanai dari pusat.

“Besarnya usulan kami kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat adalah dalam rangka membiayai program-program strategis kami antara lain pengendalian banjir, pembangunan jembatan Srepang, rehabilitasi jalan nasional dan jalan provinsi di Kabupaten Sampang serta untuk kelanjutan pembangunan Rumah Sakit di Kecamatan Ketapang,” tambahnya.

Program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 diharapkan dapat menekan angka kemiskinan, meningkatkan pendapatan masyarakat guna terciptanya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, pengelolaan potensi unggulan daerah secara optimal serta meningkatkan dukungan infrastruktur terutama yang mendukung pusat perekonomian serta mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, agribisnis dan ekonomi kreatif.  “Atas dasar inilah, maka saya berharap agar forum Musrenbang ini dapat betul-betul dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder dalam penentuan program dan kegiatan prioritas dengan memperhatikan isu-isu strategis dan target kinerja pembangunan yang akan kita capai,” imbuhnya.

Masih dalam sambutannya, Bupati Sampang mencermati dinamika perekonomian daerah dengan melihat perkembangan struktur perekonomian dalam tiga tahun terakhir. “Perekonomian kita mulai mengalami pergeseran yang signifikan,” imbuhnya. Hal itu dapat dilihat perkembangan share masing–masing sektor terhadap pembentukan PDRB. Beliau memaparkan,

“Walaupun perekonomian kita masih bertumpu pada sektor primer yaitu sektor pertanian dan pertambangan/penggalian, namun terjadi trend peningkatan pada sektor sekunder dan tersier.”

Senada dengan Bupati Sampang, Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Timur Drs. Budi Santosa yang mewakili Provinsi Jawa Timur menyampaikan adanya pertumbuhan yang cujup signifikan di sektor perdagangan dan jasa. “Sektor Perdagangan Besar dan Eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, transportasi dan pergudangan, penyediaan akomodasi dan mamin, informasi dan komunikasi, jasa keuangan dan asuransi, merupakan sektor prioritas yang dapat dijadikan sektor unggulan karena memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dan daya saing yang lebih tinggi dibandingkan sektor yang sama di tingkat provinsi,” jelasnya.

Begitu pula dengan Perwakilan DPRD Kabupaten Sampang, Dr. H. Fauzan Adhima, SH, saat menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD, dalam rangka menanggapi isu strategis peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengelolaan potensi unggulan daerah, agar meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan pariwisata, agropolitan dan menciptakan iklim investasi yang sehat.

Sebelumnya, Kepala Bappelitbangda Ir. Tony Moerdiwanto, MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa Musrenbang Kabupaten Sampang tersebut dilaksanakan dengan didahului oleh tahapan Musrenbang Desa, Musrenbang Kelurahan yang dilaksanakan pada 23 – 25 Januari 2019, Musrenbangcam yang telah digelar 11 – 25  Februari  2019, dan Forum Perangkat Daerah yang sudah digelar tanggal 11- 13 Maret 2019 kemarin. Kemudian beliau menegaskan bahwa Musrenbang RKPD di tingkat kabupaten tersebut nanti akan dilengkapi dengan diskusi dan verifikasi dalam rangka pembahasan Rancangan Renja Perangkat Daerah hasil kompilasi dengan usulan Musrenbang Kecamatan oleh Tim Penyelenggara. (DA)

Share Post :

One thought on “PIMPIN JALANNYA MUSRENBANG, BUPATI SAMPANG DORONG KONTRIBUSI SEKTOR UNGGULAN

Berikan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Komentar akan ditampilkan melalui persetujuan Admin.
Form yang bertanda bintang wajib diisi *