Berita

PEMKAB SAMPANG GELAR FORUM KONSULTASI PUBLIK RANWAL RKPD 2021

SAMPANGLingkarjatim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) setempat terus mematangkan rancangan program prioritas kebijakan dalam rangka pencapaian Sampang Hebat dan Bermartabat.

Terbaru, dengan mengusung tema “Penguatan Kontribusi Sektor Unggulan dalam Peningkatan Pertumbuhan ekonomi menuju Sampang Hebat dan Bermartabat”, Bappelitbangda Kabupaten Sampang menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sampang Yuliadi Setiawan, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Sampang, aktivis pembangunan, dan lembaga terkait.

Mewakili Bupati Sampang, dalam sambutannya, Sekdakab Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan mengatakan forum koordinasi dan forum dialog perencanaan pembangunan yang terakomodir pada forum konsultasi publik tersebut dimaksudkan untuk menjaring aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan pada tahap awal terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2021 mendatang.

“Dalam rangka mempertajam rumusan program prioritas pembangunan di Kabupaten Sampang, sehingga kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus dilalui sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditentukan,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa tema yang diusung pada kegiatan tersebut merupakan susunan kegiatan yang harus dilalui setiap tahunnya, dan tidak kalah pentingnya dalam kegiatan tersebut yaitu akan menyepakati program prioritas pembangunan yang akan datang, dengan tetap menitikberatkan kepada kualitas pembangunan.

“Program prioritas yang kita sepakati hari ini akan menentukan rumusan program pembangunan yang akan datang,” tambahnya.

“Untuk itu kami berharap kegiatan ini berjalan dengan optimal sehingga bisa berdampak kepada kesejahteraan masyarakat baik langsung ataupun tidak langsung untuk menuju Sampang yang hebat dan bermartabat,” harapnya.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sampang Umi Hanik Laila mengatakan bahwa dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik tersebut sengaja mengangkat lima isu strategis untuk program prioritas pembangunan di Kabupaten Sampang yang akan datang, sehingga diharapkan dari dialog publik yang terselenggara tersebut dapat menyerap aspirasi dan menyempurnakan RKPD Kabupaten Sampang tahun 2021.

Adapun lima isu strategis dalam rancangan awal RKPD Kabupaten Sampang 2021 antara lain, pertama peningkatan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Kedua peningkatan ekonomi daerah yang inklusif dan pengembangan kawasan perdesaan yang mandiri. Ketiga peningkatan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan secara komprehensif. Keempat penguatan tata kelola pemerintahan daerah dan desa yang transparan, akuntabel dan berorientasi pada pelayanan publik. Terakhir yakni peningkatan harmonisasi kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Sampang menuju Sampang hebat dan bermartabat.

“Adapun strategi yang dilakukan yakni peningkatan kualitas pembangunan manusia melalui pemerataan aksesibilitas dan kualitas pendidikan, kesehatan, kondisi sosial dan peran pemuda, meningkatkan iklim investasi yang kondusif dalam upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif terutama pada sektor unggulan daerah,” imbuhnya.

Selain itu, dengan strategi membangun infrastruktur daerah yang berkualitas dan berwawasan lingkungan melalui pembangunan sarana dan prasarana transportasi perhubungan serta penanganan bencana alam, meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui percepatan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan daerah dan desa yang baik dan bersih melalui penerapan sistem informasi dan teknologi secara terpadu.

“Yang terakhir yakni meningkatkan harmonisasi kehidupan masyarakat melalui pelestarian budaya penertiban masyarakat dan pembangunan gender,” jelasnya.

Dalam Forum Konsultasi Publik tersebut diharapkan adanya finalisasi rancangan pembangunan tahun 2021, peserta dapat menelaah keserasian antara hasil musrenbang dan hasil forum OPD dengan Prioritas pembangunan Tahun 2021. Fokus pada upaya pemecahan permasalahan pokok dan pencapaian target kinerja program sebagimana tercantum dalam RPJMD Kabupaten Sampang.

“Untuk itu kami berharap agar seluruh peserta berperan aktif pada proses Forum konsultasi publik ini sehingga hasilnya sesuai dengan harapan kita bersama,” harapnya. (AW)

 

Sumber :
lingkarjatim.com
advokasi.co

Share Post :

Berikan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Komentar akan ditampilkan melalui persetujuan Admin.
Form yang bertanda bintang wajib diisi *