BeritaBidang Ekonomi

GANDENG USAID-JAPRI, PEMKAB SAMPANG CETAK RATUSAN PENGUSAHA MANDIRI

Bertempat di BPU Sampang, Pemkab Sampang adakan Lokakarya Motivasi Kewirausahaan 11 sd 12 September 2019.  Acara ini diikuti oleh ratusan peserta putera dan puteri berusia 18 sd 30 tahun dari 14 kecamatan se-Kabupaten Sampang.

Vitis Rakhma Noviagama selaku Project Manager USAlD JAPRI dari PJI (Junior Achievement Indonesia) mengaku bahwa lokakarya ini memang menyasar kaum muda usia 18-30 tahun yang kurang mampu & rentan secara ekonomi.  Mereka boleh sudah memiliki usaha dan atau masih memiliki keinginan untuk berwirausaha. Lokakarya Motivasi Kewirausahaan yang dilangsungkan di Sampang ini mensyaratkan semua pesertanya merupakan warga Kabupaten Sampang (dibuktikan dengan KTP).

Selama dua hari, semua peserta diharuskan menyusun ide bisnis / ide pengembangan bisnis yang akan ditindaklanjuti pasca mengikuti lokakarya tersebut. Untuk itu peserta dibekali beberapa materi, diantaranya Motivasi Kewirausahaan, Membongkar Mental Blocking, Ciptakan Peluang Emas Anda! serta dilengkapi dengan Business Games dan Transformation Thinking.

Ditanya bagaimana Pemkab Sampang dapat menggandeng USAID-JAPRI, Kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda Kabupaten Sampang, Ir. M. Barrul Alim, MT menjelaskan bahwa melalui kompetisi yang ketat Sampang adalah kabupaten ke-3 di Jawa Timur, setelah sebelumnya berlangsung di Kabupaten Trenggalek pada tahun 2017 saat Masa Implementasi Pilot Program JAPRI dan di Kabupaten Blitar pada tahun 2018 sudah Masa Implementasi Penuh.  Program JAPRI ini juga tidak lepas dari peran Bappeda Provinsi Jawa Timur melalui Program Anti Kemiskinan (Anti Poverty Program / APP).

Sementara itu Yuliadi Setiyawan, S.Sos., MM. selaku Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang dalam sambutan pada pembukaan Lokakarya Motivasi Kewirausahaan berpesan kepada seluruh peserta hendaknya ide bisnis/ ide pengembangan bisnis yang dihasilkan dapat dikembangakan menjadi sebuah usaha yang menjanjikan dan dapat meningkatkan penghasilan/ ekonomi keluarga.  Untuk itu pesannya, dengan bersungguh-sungguh, ulet, gigih dan kreatif semua peserta akan dapat mewujudkan impiannya.

Vitis menjanjikan untuk lokakarya di Kabupaten Sampang ini, masih akan dilanjutkan dengan agenda berikutnya untuk mempertajam ide bisnis / ide pengembangan bisnis yang dihasilkan peserta betul-betul menjadi bisnis riel. Untuk itu pihaknya akan menseleksi dari peserta lokakarya tersebut guna dapat mengikuti tahap lanjutan yang disebutnya BMC (Business Model Canvas).  Menurutnya BMC ini hanya akan diikuti oleh tidak lebih dari 90 orang dan akan berlangsung pada tanggal 24 sd 25 September 2019 di aula Bappelitbangda Kab Sampang. (AM)

Share Post :

2 thoughts on “GANDENG USAID-JAPRI, PEMKAB SAMPANG CETAK RATUSAN PENGUSAHA MANDIRI

  1. Subhanallah..
    Terimakasih Usaid Japri u/ motivasinya dan semoga loka karya ini bisa lebih memajukan kota sampang terutama dalam segi SDM nya , Aamiin

Berikan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Komentar akan ditampilkan melalui persetujuan Admin.
Form yang bertanda bintang wajib diisi *