BeritaBidang PSDAIK

JAMBU KLAMPOK CAMPLONG : SATU-SATUNYA DI DUNIA

Saya bangga dilahirkan di Jawa Timur, karena memiliki setidaknya dua produk agro yang khas hanya ada di Jawa Timur yaitu Apel Malang dan Jambu Klampok Camplong,”

Demikian yang disampaikan Ir. Djoko Soedibjo, MM selaku Ketua DPD Asosiasi Wisata Agro Indonesia (AWAI) Jawa Timur pada acara pembukaan Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Kepemanduan Wisata Agro di Hotel Wisata Camplong Kamis kemarin 14 Februari 2019. Menurutnya Jambu Klampok Camplong ini satu-satunya di dunia. Kalau toh ada di tempat lain maka rasanya tak akan sama.  Jangankan begitu, bibit pohon Jambu Klampok ini bila ditanam di tempat lain maka rasanya-pun berubah atau tidak sama dengan yang tumbuh di Camplong.

Masih menurut Djoko, Jambu Klampok Camplong ini merupakan komoditi emas yang bila dikembangkan lebih lanjut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Camplong pada khususnya dan Kabupaten Sampang pada umumnya.  AWAI telah memfasilitasi upaya merubah pola tanam-petik-jual Jambu Klampok ini menjadi cikal bakal destinasi wisata agro melalui Uji Kompetensi Kepemanduan Wisata Agro. Acara ini didahului dengan pembekalan uji kompetensi tersebut yang telah dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Februari 2019 di Aula Disporabudpar Kabupaten Sampang.  Pada akhir sambutannya, Djoko berharap agar Pemerintah Kabupaten Sampang menindaklanjuti secara serius pembentukan destinasi wisata agro Jambu Klampok ini.

Sementara itu LSP Pariwisata Nasional melalui Direktur-nya Renny R. Waloedja mengapresiasi kerjasama AWAI dan Pemerintah Kabupaten Sampang dalam menumbuhkan cikal bakal wisata agro Jambu Klampok melalui Sertifikasi Kompetensi Bidang Kepemanduan Wisata Agro.  Menurutnya Sertifikasi ini merupakan bukti kompetensi keahlian yang tak terbantahkan.  Renny berharap agar semua peserta bisa mengikutinya dengan sungguh-sungguh agar membuahkan hasil yang terbaik.

WhatsApp Image 2019-02-15 at 16.33.23
WhatsApp Image 2019-02-15 at 16.33.22 (1)
WhatsApp Image 2019-02-15 at 16.33.21

Dra.Ec. Mimik Suryati, MM mewakili Disbudpar Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa ke depan pengembangan wisata agro memiliki potensi yang prospektif, karena sinergi dengan semangat back to nature. Disbudpar Jatim mendukung terselenggaranya Sertifikasi Kompetensi Bidang Kepemanduan Wisata Agro ini. Bahkan pihaknya berjanji akan mengikutsertakan peserta yang lulus dalam Uji Kompetensi di Sampang pada kegiatan lanjutan yang diadakan oleh Disbudpar Jatim demi meningkatnya keahlian yang dimiliki oleh Para Pemandu Wisata Agro.

Acara Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Kepemanduan Wisata Agro ini dibuka oleh Drs.Ec H. Saryono, MM (Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Sampang). Dalam sambutannya, beliau menyatakan pemasaran dan promosi merupakan dua kegiatan penting untuk menjadikan Jambu Klampok Camplong sebagai icon komoditas unggulan Kabupaten Sampang. Semoga ke depan Jambu Klampok Camplong betul-betul dapat menjadi icon Sampang melalui pengembangan Wisata Agro. (AM)

 

Share Post :

Berikan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Komentar akan ditampilkan melalui persetujuan Admin.
Form yang bertanda bintang wajib diisi *