BeritaBidang PSDAIK

RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN KEGIATAN PENGENDALI BANJIR SUNGAI KEMUNING

Gambar 1. Kepala Bappelitbangda Kab. Sampang Memimpin Rapat

Pemerintah Kabupaten Sampang berupaya keras untuk dapat menangani bencana banjir yang terjadi setiap tahun pada saat musim hujan.Walaupun usaha ini  tidak sampai menjadikan Kabupaten Sampang bebas banjir,  Tetapi melalui usaha ini paling tidak dapat mengurangi intensitas dan frekuensi terjadinya banjir sehingga dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkannya.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sampang Ir. Tony Moerdiwanto, M.Si. ketika memberikan sambutan pembukaan pada acara Rapat Koordinasi Pelaksanaan kegiatan pengendali banjir sungai Kemuning pada hari Senin tanggal 11 Februari 2019 di Bappelitbangda menyatakan bahwa keberhasilan kegiatan pengendali banjir ini sangat tergantung kepada besarnya dukungan seluruh elemen masyarakat dan stakeholder yang terkait dengan kegiatan penanganan banjir ini.

Peran serta aktif masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengurangi terjadinya banjir di Kabupaten Sampang seperti perilaku tidak buang sampah ke sungai dan merasa senang apabila air  sungai  kelihatan bersih dan lancar mengalir ke laut.

Bahkan suatu saat sungai Kemuning yang kita miliki  ini  akan menjadi  destinasi wisata yang sangat menarik sebagai tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan.

Dalam  rapat tersebut dibahas  tentang permasalahan yang timbul ketika  pelaksanaan kegiatan pengendali banjir sedang berlangsung. Salah satu yang menjadi pokok bahasan  adalah pemanfaatan lahan milik PT. KAI untuk dijadikan jalan akses.

Kegiatan Pengendali banjir ini memerlukan lahan milik PT. KAI yang berada di Jalan Syamsul Arifin Kelurahan Polagan untuk dijadikan jalan akses ketika melakukan peningkatan  jembatan Pondok Pesantren Assirojiyah di Dusun Kajuk Kelurahan Rongtengah. Serta membahas tentang kendala-kendala yang dihadapi oleh pelaksana terkait dengan dampak yang terjadi ketika pekerjaan dilakukan termasuk tanah-tanah masyarakat yang terkena pelebaran sungai harus dibebaskan. Disamping itu terdapat aset PT. KAI di Jalan Teuku Umar Sampang yang terdampak kegiatan Pengendali Banjir.

Bappelitbangda merupakan stakeholder yang berfungsi mengkoordinasikan kegiatan pengendali banjir sungai Kemuning sejak dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya agar pelaksanaan dapat berjalan dengan efektif, efisien dan bermanfaat bagi masyarakat.

Rapat dipimpin oleh Kepala Bappelitbangda dan dihadiri oleh Unsur Dinas PUPR Kabupaten Sampang yang menangani Sungai, Perwakilan dari Manajemen PT. KAI Divisi Penguasaan Aset di wilayah Madura, Perwaklian dari Kontraktor Pelaksana kegiatan Pengendali Banjir Sungai Kemuning yaitu   PT. Adhi Karya dan  PT. Jatiwangi KSO PT. Rudi Jaya.

Berdasarkan hasil rapat dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:

  1. KAI tidak keberatan apabila lahan tersebut akan dimanfaatkan dalam rangka pekerjaan pengendali banjir di Kabupaten Sampang tetapi tetap mengacu kepada peraturan yang berlaku.
  2. Prosedur yang dapat dilakukan adalah dengan melalui proses pemutusan kontrak sewa antara KAI dengan penyewa yang didahului kewajiban penyewa melunasi tanggungan yang belum terbayar.
  3. Terkait dengan Lahan miliki PT. KAI yang terletak di Jalan Teuku Umar yang terdampak kegiatan pengendali banjir akan dilakukan kajian ulang terlebih dahulu oleh kontraktor Jika masih dibutuhkan PT. KAI siap mendukung kegiatan pengendali banjir di Kabupaten Sampang.
  4. Terkait dengan teknis pelaksanaan di lapangan akan dilakukan Rapat kembali pada hari Rabu tanggal 13 Februari 2019,  Pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan validasi di lapangan. Difokuskan pada lahan PT KAI yang berada di Jalan Syamsul Arifin.
  5. Sosialisasi kepada masyarakat Desa Tanggumung dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal16 Februari 2019 pukul 13.00 WIB. setelah melakukan koordinasi dengan Kades Tanggumung terlebih dahulu Jika ada perubahan supaya segera ditindak lanjuti.
  6. Terkait dengan kegiatan pengukuran terhadap lahan-lahan terdampak kegiatan masih menunggu konsultan yang telah ditunjuk oleh DPUPR
  7. Namun tahapan pertama didahului dengan melakukan pengukuran mandiri oleh DPUPR dan Bappelitbangda bersama kontraktor (PT. Adhi Karya dan Jati Wangi – Rudy Jaya KSO).

Kondisi Sungai Kemuning:

  • Panjang sungai Kemuning 54,11 km, lebar sungai bervariasi dari hulu ke hilir antara 30 m s/d 40 m, kedalaman 6 s/d 8 m. (kondisi saat sebelum dilaksanakan kegiatan lebar sungai tinggal antara 8 s/d 15 m, sedangkan kedalaman hanya tinggal antara 3 s/d 5 m)
  • Daya tampung debit sungai kemuning sebesar 200 m³/detik,  sedangkan debit yang dibawa ketika banjir sebesar 421,20 m³/detik, sementara kapasitas tampung saat ini hanya tinggal 70 m³ sehingga sungai kemuning tidak akan mampu menampung debit banjir secara keseluruhan. Dengan demikian masih diperlukan pembangunan floodway (sudetan) untuk membagi debit ketika terjadi banjir.

Sejak Tahun akhir tahun 2017 tepatnya pada bulan Oktober 2017 penanganan banjir di Kabupaten Sampang dilaksanakan secara Komprehensif dan terpadu yang melibatkan pemerintah pusat, pemerintah provinsi Jawa Timur dan pemerintah Kabupaten Sampang. (RC)

praswil-banjir2
praswil-banjir3
praswil-banjir4

SEMOGA KEGIATAN PENGENDALI BANJIR SUNGAI KEMUNING  KABUPATEN SAMPANG DAPAT BERJALAN DENGAN LANCAR SEHINGGA DAPAT MENGURANGI DAMPAK NEGATIF YANG DITIMBULKANNYA.

praswil-banjir5
praswil-banjir6
praswil-banjir7
praswil-banjir8
Gambar 2. Penampakan Sedimen pada Sungai Kemuning Sebelum Pelaksanaan Kegiatan Pengendali Banjir

Gambar 3. Kondisi Sungai Kemuning sebelum dan sesudah pelaksanaan  Pengendali Banjir Sungai Kemuning

praswil-banjir19
praswil-banjir20
praswil-banjir21
praswil-banjir22
praswil-banjir23
praswil-banjir24
Gambar 4. Rumah Pompa Bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Upaya Pengendali Banjir di Kabupaten Sampang

Share Post :

2 thoughts on “RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN KEGIATAN PENGENDALI BANJIR SUNGAI KEMUNING

  1. Saya sangat optimis banjir di kabupaten sampang bisa tertangani jika sitepile terpasang sempurna. Dan untuk masyarakat yang berada di sekitar DAS mohon kerjasamanya dan mendukung kegiatan normalisasi sungai kamoning ini.

Berikan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Komentar akan ditampilkan melalui persetujuan Admin.
Form yang bertanda bintang wajib diisi *