Berita

BUPATI SAMPANG BUKA MUSRENBANG KECAMATAN CAMPLONG

SAMPANG – Memasuki hari kedua, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Sampang Tahun 2021 digelar di tingkat Kecamatan Camplong, Selasa (11/02/2020).

Tema Sentral yang dibahas pada dalam Musrenbang di Camplong itu Penguatan Kontribusi Sektor Unggulan dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi menuju Sampang Hebat Bermartabat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Pj. Sekdakab Yuliadi Setiawan, Perwakilan DPRD Sampang Dapil VI, para Kepala OPD, Forkopimcam Camplong, Kepala Desa dan Toga serta Tomas setempat.

Camat Camplong Taufik menjelaskan jika Musrenbang memiliki peran yang strategis dalam proses pembangunan mulai dari tingkat desa hingga ke pusat. Oleh sebab itu, Musrenbangcam yang digelar di Camplong merupakan kelanjutan dari Musrenbang di masing-masing desa agar mengetahui usulan dan program prioritas di tahun depan.

“Di Camplong memiliki potensi sumber daya alam jambu air yang tak dimiliki di daerah lain, ini menjadi hal yang spesial dan perlu terus disentuh hingga ke proses pemasarannya,” ucap Taufik.

Adapun pada momen itu, berdasarkan usulan dari bawah di tahun depan berkeinginan untuk di bangun jalan kabupaten yang menghubungkan beberapa desa.

Di Camplong sendiri, untuk permasalahan Sumber Daya Manusia nya masih kurang sehingga perlu adanya pelatihan dan pengembangan ketrampilan khususnya pada perangkat desa supaya bisa melayani masyarakat dengan maksimal.

“Pembangunan Pelabuhan Taddan mempunyai dampak perekonomian yang besar bagi masyarakat sekitar, alhamdulillah hal ini juga berkat dukungan Bupati yang meloby Menteri langsung sehingga ada kucuran dana dari pusat sebesar puluhan miliar,” tambahnya.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dalam sambutannya menyampaikan jika musyawarah rencana pembangunan itu betul-betul murni dari setiap desa.

“Saya tak ingin Musrenbangcam ini hanya sebatas formalitas apa-apanya sudah diputuskan sebelumnya namun kita ingin betul-betul program usulan itu murni berangkat dari masyarakat dan bermanfaat,” ujar Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

Menurutnya, berdasarkan paparan dari Camat untuk usulan di tahun 2021 akan terpenuhi bahkan untuk Camplong sendiri mendapatkan kucuran dana paling banyak jika dibandingkan dengan lainnya.

“Coba BUMDes itu mengelola potensi yang ada di desa, mulai dari pertanian atau peternakannya, kita pasti dropping bantuan yang penting ada usulan dan jelas, kedepan kalau sudah berkembang Desa pasti bisa mandiri dan maju, ini yang diharapkan,” jelasnya.

Untuk pembangunan Pabrik pengolahan garam sendiri dirinya telah berpesan kepada PT. Garam agar memanfaatkan putra daerah sebagai tenaga kerjanya supaya bisa membuka lowongan pekerjaan baru.

“Saya wajibkan rekrutmen tenaga kerjanya dari Putra Daerah kalau sampai mereka impor dari luar pekerjanya mari berdemo bareng-bareng, saya pun pasti ikut demo juga,” tegasnya.

Di akhir dirinya mengimbau kepada masyarakat agar tak hanya fokus kepada usulan saja namun ketika telah dikerjakan kemudian ada hasil yang juga dilaporkan secara berkala agar program yang dilakukan dapat dievaluasi. (dhe)

 

Sumber :
sampangkab.go.id

Share Post :

Berikan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Komentar akan ditampilkan melalui persetujuan Admin.
Form yang bertanda bintang wajib diisi *