Berita

MUSRENBANGCAM KETAPANG DAN BANYUATES, MENDORONG PENGEMBANGAN SAMPANG WILAYAH UTARA

   

Hari ini (18/02/2019) giliran Kecamatan Ketapang dan Banyuates sebagai tempat digelarnya Musrenbang RKPD Kabupaten Sampang Tahun 2020. Acara di dua kecamatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat. Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan anggota DPRD Dapil setempat IV, Sekretaris Daerah Puthut Budi Santoso, SH, MSi, Kepala Bappelitbangda Ir. Tony Moerdiwanto, MSi, anggota Forkopimcam, UPT di Kecamatan, para kepala desa serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sampang mengharapkan adanya musrenbang ini dapat menampung segala kebutuhan masyarakat yang kemudian dapat direalisasikan pada kegiatan tahun 2020.

Di Kecamatan Ketapang, Wakil Bupati mengharap adanya upaya perbaikan pelayanan di bidang kesehatan dan pendidikan. “Kami upayakan kesehatan dan pendidikan ini menjadi prioritas program kerja kami untuk menjadikan Sampang Hebat Bermatabat” tuturnya. Hal ini senada dengan sambutan sebelumnya yang disampaikan perwakilan DPRD Dapil IV, H. Abdus Salam, yang juga mengharapkan adanya perbaikan di bidang layanan kesehatan. Beliau mendorong agar RSUD Ketapang agar bisa segera beroperasi. Beroperasinya RSUD Ketapang sangat ditunggu masyarakat, terutama masyarakat di pesisir utara Kabupaten Sampang.

Wakil Bupati memuji kemajuan ekonomi Kecamatan Ketapang, terutama di sektor pariwisata. ”Di Kecamatan  Ketapang ini banyak pariwisata yang bagus, yang harus didukung oleh infrastruktur yang bagus mulai dari tingkat desa hingga tingkat kecamatan,” ujar beliau. Beliau menghimbau kepada semua kepala desa selaku pengguna angaran di desa, agar anggaran digunakan dengan baik. Membangun infrastruktur dengan baik. “Jangan sampai asal-asalan, karena ini adalah uang negara, uang rakyat, karena kita berdiri tegak di negara hukum. Kita akan mempertanggung jawabkan di dunia dan akhirat,” imbuhnya.

Di Kecamatan Banyuates, beliau mengangkat beberapa komoditas unggulan. “Di Kecamatan Banyuates ini terdapat potensi unggulan semangka, melon dan durian.  Dinas Pertanian diharapkan mendukung penuh, baik dalam pengembangan hingga pemasarannya,” ungkap Wakil Bupati Sampang dalam sambutannya pada acara Musrenbang RKPD di Kecamatan Banyuates.

Sebelum acara dibuka, sambutan diawali oleh Drs. Achmad Djuhari Candra yang merupakan Camat Banyuates.  Beliau mengungkapkan potensi dan permasalahan yang ada di Kecamatan Banyuates.  Bencana kekeringan dan kurangnya akses air bersih di lima desa yaitu Desa Lar-lar, Tolang, Planggaran Barat, Planggaran Timur dan Olor masih menjadi permasalahan hingga saat ini.

Selain permasalahan tersebut, H. Abdus Salam yang merupakan Anggota DPRD Dapil IV tersebut mengungkapkan,  “Kecamatan Banyuates merupakan kecamatan yang sering terdampak pemadaman listrik oleh PLN.” Beliau berharap supaya pelayanan listrik terhadap masyarakat Banyuates untuk diperhatikan dan ditingkatlan lagi.  Hal ini dikarenakan listrik memegang peranan yang sangat vital dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.  H. Abdussalam juga menyampaikan harapannya kepada Wakil Bupati yang baru supaya Bupati baru dan wakilnya dapat merangkul semua elemen masyarakat dalam rangka mewujudkan dan mensukseskan cita-cita pembangunan yaitu “Sampang Hebat Bermartabat”.

Penekanan berikutnya yaitu pada sektor pariwisata.  Wakil Bupati kembali mengungkapkan bahwa sektor pariwisata harus dikembangkan secara menyeluruh baik dari infrastruktur pariwisata maupun aksesibilitasnya.  Diperlukan koordinasi antara Disporabudpar, DPUPR, dan dinas-dinas terkait lainnya untuk mengembangkan sektor pariwisata wilayah utara.  Pesan terakhir beliau sebelum menutup sambutannya mengatakan “Musrenbangcam dihasilkan melalui Musrenbangdes, saya meminta Kades untuk mengawal usulannya”, hal ini beliau tekankan supaya kebutuhan masyarakat di lapisan terbawah dapat terakomodir. (SU)

Share Post :

Berikan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Komentar akan ditampilkan melalui persetujuan Admin.
Form yang bertanda bintang wajib diisi *